6 Inspirasi Makanan Khas Daerah Yang Mudah Dibuat

Jika kamu bosan makanan makanan yang itu-itu saja, simak pembahasan makanan khas daerah yang mudah dibuat berikut ini yuk. Karena kita akan membahas tentang beberapa makanan Indonesia yang bisa kamu recook agar tidak bosan dengan masakan yang sama. 6 Inspirasi Makanan Khas Daerah Yang Mudah Dibuat

6 Makanan Khas Daerah Yang Mudah Dibuat

Jika kamu memiliki hobi memasak, kamu harus simak

artikel satu ini. Makanan Indonesia memang tidak ada habisnya jika kita membahasnya satu-satu. Kalau kamu rindu masakan Indonesia selain dari daerah kamu, ini dia informasi mengenai makanan khas daerah yang mudah dibuat.

Lemang

Lemang adalah hidangan khas Melayu dan Batak yang menggunakan beras sebagai bahan utamanya. Beras kemudian dicampur dengan beberapa bumbu dan juga santan untuk menambah rasa gurih. Setelah semua bahan tercampur lalu dibungkus menggunakan daun pisang dan dimasukan ke dalam bambu.

Baca Juga : Ini Dia Kuliner BSD yang Affordable

Lemang yang sudah dimasukkan ke dalam bambu selanjutnya dibakar di bara api. Lemang memiliki rasa yang legit seperti lontong namun juga gurih. Makanan ini bisa kamu recook sendiri di rumah sebagai hidangan saat ada acara keluarga atau lebaran.

Coto Makassar

Hidangan satu ini sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. kuliner Coto Makassar merupakan makanan khas Bugis yang memiliki cita rasa hampir mirip dengan soto. Perbedaannya terletak pada isiannya.

Coto biasa menggunakan jeroan sapi sebagai bahan utamanya. Jika kamu bosan dengan sajian yang itu-itu saja kamu bisa memasak Coto Makassar untuk hidangan makan malam sendiri maupun makan malam keluarga. Jika kamu memiliki waktu lebih, kamu bisa menambahkan ketupat maupun burasa sebagai pendamping makan.

Nasi Lemak

Hampir sama dengan nasi uduk, nasi lemak merupakan hidangan khas Melayu yang biasa dikonsumsi saat sarapan. Nasi lemak terdiri dari nasi yang dicampur menggunakan santan, dilengkapi dengan teri, sambal, dan lauk lainnya.

Makanan ini sangat umum dijumpai di daerah etnis Melayu. Kamu bisa membuat nasi lemak sendiri di rumah sebagai menu sarapan yang berbeda dari biasanya.

Pecel Madiun

Mungkin banyak yang belum terlalu familiar dengan makanan satu ini. Bisa dibilang makanan ini adalah salad khas Indonesia. Pecel Madiun merupakan perpaduan antara sayuran yang direbus dan disiram dengan sambal kacang.

 

Sambal kacang ini terbuat dari kacang yang dihaluskan dan dicampur dengan beberapa bumbu seperti bawang merah bawang putih, cabai, daun jeruk, garam dan gula merah. Pecel biasanya disajikan dengan lauk seperti tempe goreng, pia-pia (bala-bala jika di Jawa Barat), atau rempeyek.

Soto Banjar

Membahas mengenai makanan Indonesia yang mudah dimasak selanjutnya adalah Soto Banjar. Hidangan khas Kalimantan Selatan ini terkenal di seluruh Indonesia. Rasa makanan ini gurih dan segar karena perasan jeruknya.

 

Kamu bisa menyajikan Soto Banjar ini sebagai menjadi menu sarapan maupun menu makan siang. Soto Banjar sangat cocok dihidangkan bersama nasi hangat. Jika kamu bosan dengan olahan makanan yang itu-itu saja kamu harus mencoba memasak makanan yang satu ini.

Putu Mayang

Makanan satu ini merupakan makanan penutup khas Banjar yang memiliki rasa manis dan juga gurih. Putu mayang terbuat dari tepung beras yang dibuat menyerupai mie yang digumpalkan dan dikukus.

 

Putu Mayang umumya disajikan dengan saus kinca atau gula merah yang dicairkan. Di beberapa daerah lain Putu Mayang disajikan dengan kuah santan yang gurih dan sedikit manis. Kamu bisa memasak makanan ini sebagai hidangan saat sedang kumpul keluarga maupun acara seperti arisan.

 

Leave a Comment