7 Makanan Daerah Yang Dimodifikasi Lebih Modern

JAKARTASUMBER.COM – Indonesia tidak hanya kaya akan budaya atau bahasanya. Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah makanan daerah terbanyak. Tercatat ada 5000 lebih jenis makanan daerah. Namun pernahkah kamu tahu bahwa beberapa makanan yang hits sekarang adalah makanan daerah yang dimodifikasi? Ini dia informasinya untuk kamu.

7 Makanan Daerah Yang Dimodifikasi Jadi Lebih Unik

Seperti yang kita tahu sekarang sudah banyak sekali jenis makanan hits terbaru kesukaan milenial dan genz. Namun tanpa kita sadari hidangan ini merupakan makanan daerah yang dimodifikasi menjadi lebih modern. Sebut saja salah satunya cimol isi. 

Cimol merupakan camilan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioca. Nama cimol sendiri diambil dari gabungan kata aci digemol, yang berarti tepung aci yang dibulat-bulat. Jika tadinya cimol berbentuk bulatan saja dan ditaburi dengan bumbu pedas asin, kini cimol sudah banyak mengalami evolusi. Nah masih banyak lagi makanan daerah yang dimodifikasi selain cimol. Penasaran? Simak informasinya berikut ini.

  1. Kue cubit

Di sekitar daerah Jakarta dan Jawa Barat, kue cubit merupakan jajanan tradisional yang sudah ada sejak jaman dulu. Jajanan ini bisa dibilang jajanan jadul tempo dulu. Kue cubit merupakan kue yang dibuat menggunakan adonan tepung, dimasak setengah matang, dan ditaburi meses di atasnya.

Baca Juga :   Nikmati Waktu Dini Hari Dengan Kuliner Malam Jakarta Selatan!

Jika dahulu kue cubit hanya memiliki satu rasa dan juga satu warna, kini banyak penjual yang membuat inovasi kue cubit dengan berbagai macam rasa dan topping. Seperti topping keju, selai, oreo, atau yang premium seperti selai cokelat mahal.

  1. Martabak manis/Martabak Bangka

Martabak manis atau terang bulan sebenarnya adalah camilan yang berasal dari Bangka Belitung. Banyak juga yang mengatakan bahwa makanan ini bernama martabak bangka. Martabak manis dulunya hanya memiliki satu macam topping, yakni wijen, kacang, dan gula.

Seiring berjalannya waktu, makanan inipun diinovasi menjadi lebih beragam rasa dan juga jenis adonan. Seperti martabak manis dengan adonan rasa redvelvet, pandan, atau cokelat. Toppingnya pun sekarang juga beragam, mulai dari standar meses, kacang, keju. Kini juga ada yang menggunakan coklat batang, atau permen cokelat.

  1. Ayam geprek mozzarella

Siapa sangka makanan satu ini ternyata juga merupakan makanan daerah yang dimodifikasi. Ayam geprek dulu pertama muncul di sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta. Geprek sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti dipukul-pukul hingga hancur.

Ayam geprek merupakan sajian ayam krispi yang di geprek dan juga diberi topping sambal bawang di atas ayamnya. Kini makanan ini sudah dimodifikasi menjadi lebih modern. Salah satu artis ternama, Ruben Onsu membuat inovasi menggabungkan ayam geprek dengan lelehan keju mozzarella di atasnya.

  1. Serabi 
Baca Juga :   Tempat mаkаn lеgеndаrіѕ dі Jаkаrtа

Masih dari sekitar Bandung, makanan manis satu ini juga sudah dimodifikasi menjadi beragam rasa. Surabi atau serabi Bandung merupakan makanan yang terbuat dari tepung dan santan, dimasak di atas tungku api. 

Dulu makanan ini hanya memiliki rasa manis dan gurih. Rasa manis dengan topping gula dan gurih dnegan toping oncom. Kini makanan ini sudah dimodifikasi dengan banyak jenis toping.

  1. Cireng
cireng rujak

Terakhir masih camilan dari Jawa Barat, yakni cireng. Cireng dulu dikenal saat banyak penjual gorengan yang menyajikan makanan dari tepung tapioca ini. Kini makanan ini semakin diminati karena banyaknya inovasi. Seperti cireng isi ayam suir, cireng isi keju, atau cireng isi jamur.

  1. Spagetthi Rendang

Rendang adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sudah mendunia. Kini rendang bisa dibilang masuk dalam jajaran makanan daerah yang dimodifikasi. Karena ada beberapa masakan Western yang memadukan hidangannya dengan rendang. Hidangan modifikasi ini biasa juga disebut dengan fusion.

Salah satu hidangan fusion yang memadukan dengan rendang adalah Spagetthi rendang. Hidangan western yang dipadukan dengan rendang yang berbumbu menjadi makanan baru penuh cita rasa.

  1. Foie Gras Bakmi Goreng

Bakmi goreng atau bakmi tektek merupakan makanan yang banyak dijual di Jawa. Banyak juga yang mengatakan bahwa makanan ini Bakmi Jawa. Jika kita tahu biasanya bakmi goreng menggunakan topping telur, sayuran dan juga ayam, kini makanan daerah ini telah dimodifikasi menjadi naik kasta.

Baca Juga :   Inilah Beberapa Tempat Makan Viral Terdekat

Bakmi Jawa goreng ini dipadukan dengan makanan khas Italia yang dibuat dari hati angsa, yakni Foie Gras. Makanan daerah yang dimodifikasi ini juga bisa dibilang makanan fusion karena memadukan makanan khas dari dua negara.

Sebenarnya masih ada banyak lagi makanan daerah yang dimodifikasi. Seperti sekarang pisang goreng yang diberikan banyak topping, atau bakpia pathuk yang diberikan banyak isi bermacam-macam. Nah sekian dulu pembahasan mengenai makanan yang sudah dimodifikasi kali ini. Kira-kira makanan mana yang sudah pernah kamu coba sebelumnya? 

Leave a Comment