Jakarta Sumber berita metropolitan

Berita kota jakarta masa kini

Makanan Khas Batak Toba
kuliner

8 Makanan Khas Batak Toba yang Wajib Dicoba

Membahas tentang keragaman kuliner, Indonesia memiliki banyak sekali jenis kuliner mulai ujung Sabang hingga Merauke. Bahkan terhitung 5000 lebih jenis makanan khas dari Indonesia yang diakui. Salah satu makanan khas yang harus kamu coba untuk menambah wawasan kuliner kamu adalah makanan khas Batak Toba. Berikut adalah informasinya untuk kamu.

8 Makanan Khas Batak Toba yang Tidak Boleh Dilewatkan

Suku Batak tidak hanya terkenal sebagai masyarakatnya yang pandai berdiplomasi, namun juga memiliki banyak makanan khas yang perlu dicoba. Selain budaya menari tor-tor nya yang terkenal, makanan khas Batak Toba juga tidak kalah bikin penasaran. 

  1. Dali NI Horbo

Memang namanya terdengar asing, namun hidangan satu ini pasti banyak yang sudah mencobanya. Dali Ni Horbo merupakan makanan khas Batak Toba yang mirip dengan tahu sutra. Dali Ni Horbo terbuat dari susu kerbau alami yang diendapkan secara tradisional.

Prosesnya yang masih menggunakan cara tradisional dengan bahan-bahan alami inilah menjadi daya tarik tersendiri. Dali Ni Horbo memiliki tekstur yang snagat lembut dan juga rasa yang gurih. Selain itu makanan ini juga bisa dinikmati tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Makanan ini juga baik untuk tubuh karena mengandung protein yang tinggi.

  1. Lapet
Baca Juga :   9 Tеmраt Wisata Kuliner jakarta utara Murаh Enаk dеngаn Cіtа Rаѕа Bіntаng Lіmа
Lapet

Tidak hanya di Jawa, Batak Toba juga memiliki makanan khas yang dinamakan dengan Lapet. Makanan lapet dari Batak Toba menggunakan teoung beras dan kelapa sebagai bahan utamanya. Setelah itu lapet diisi dengan gula merah di dalamnya. Selanjutnya lapet dimasak dnegan cara dikukus.

Di Jawa makanan ini disebut dengan iwel-iwel. Hanya saja jika di Jawa makanan ini hanya ada saat perayaan tertentu seperti kirim selamat untuk anak bayi baru lahir, atau ulang tahun anak bayi.

  1. Sira Pege

Masyarakat Batak Toba juga memiliki makanan khas yang menggunakan daging ikan mentah mirip dengan sushi dari Jepang. Makanan Batak Toba ini dinamakan dengan Sira Pege. Dinamakan demikian, karena makanan ini menggunakan jahe dan juga garam dalam proses pembuatannya. 

Sebenarnya Sira Pege ini merupakan makanan pendamping yang hampir mirip dengan acar jahe yang ada di sushi. Cara makannya pun hampir sama, yakni mengunyah dahulu ikan mentah, lalu tambahkan dengan Sira Pege dan dikunyah secara bersamaan. 

  1. Mie Gomak

Masyarakat Batak Toba memiliki salah satu bumbu yang sudah terkenal di Indonesia. Hampir semua makanan khas Batak Toba menggunakan rempah-rempah yang bernama andaliman. Mie Gomak merupakan makanan khas Toba yang menggunakan bumbu andaliman sebagai pelengkap.

Baca Juga :   Makanan Khas Suku Dayak yang Patut Dicoba

Andaliman merupakan rempah kebanggan masyarakat Batak Toba. Rempah ini hampir mirip dengan merica, namun memiliki rasa yang lebih khas.

  1. Kue Gandong

Mungkin masyarakat Toba sangat menyukai makanan manis yang menggunakan bahan parutan kelapa. Salah satu makanan khas Batak Toba selanjutnya adalah kue gandong yang hampir mirip dengan lapet. Jika kita tahu bahwa lapet dibuat dengan cara dikukus, kue gandong dimasak dnegan cara digoreng.

Makanan manis ini sangat cocok dihidangkan untuk kudapan saat bercengkrama dengan keluarga. Makanan ini juga sangat cocok dihidangkan sebagai teman minum kopi atau minum teh. 

  1. Saksang

Jika kamu pecinta makanan pedas, kamu harus mencoba makanan satu ini. Saksang merupakan hidangan khas Batak Toba yang terbuat dari daging perut babi dan dibumbui dengan bumbu khas Batak Toba yang pedas gurih. Sebelumnya makanan ini tidak direkomendasikan bagi yang memeluk agama Muslim. 

Seperti yang kita tahu bahwa masyarakat Batak Toba mayoritas beragama non Muslim sehingga banyak hidangan yang non halal bagi umat Muslim. Masih sama dengan masakan Batak Toba lainnya, Saksang juga menggunakan andaliman sebagai bumbu andalannya.

  1. Tango-tanggo

Hampir mirip dengan saksang, tango-tanggo bisa menjadi pilihan untuk kamu yang tidak suka dengan cita rasa pedas. Daging babi pada masakan tanggo-tanggo digoreng terlebih dahulu sehingga rasanya lebih krispi. Selain itu bumbunya juga dipisah sehingga kerenyahan daging dapat terjaga meskipun sudah tercampur dengan bumbu.

  1. Sambal Tuktuk
Baca Juga :   5 Makanan Khas Lebaran

Hampir mirip dengan urap yang ada di Jawa, sambal tuktuk menggunakan ikan sebagai campurannya. Sambal tuktuk dibuat dengan cara mencincang halus ikan dan juga campuran bumbu urap secara langsung. Selain itu tuktuk menggunakan andaliman sebagai bumbu pelengkap untuk menambah ciri khas masakan Toba.

Sambal tuktuk snagat cocok disajikan dengan nasi hangat dan juga beberapa gorengan lauknya. Makanan ini bisa dibilang mudah untuk didapatkan. Karena sambal tuktuk sering menjadi tujuan wisatawan untuk mencoba makanan khas Batak Toba.

Nah sebenarnya masih ada beberapa lagi makanan khas Batak Toba yang belum bisa disampaikan pada pembahasan kali ini. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas dari suatu daerah yang kamu kunjungi ya. Karena tidak hanya membuat kenyang, namun mencoba makanan baru juga bisa menambah wawasan kamu. Selamat mencoba!

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *