Gejala Diare pada Anak, Kenali & Jangan Cemas!

JAKARTASUMBER.COM – Udah pada dengerin tentang Gejala Diare pada Anak? Yoi, ini seriusan penting banget, apalagi buat para ortu, yang beneran harus ngerti apa aja yang terjadi sama anak-anak mereka. Gak usah panik, tapi kita perlu aware, ya! Diare tuh bukan main-main, bisa-bisa bikin anak lemas dan dehidrasi kalau gak ditangani dengan bener.

  • Frekuensi Buang Air Besar yang Meningkat

Jadi, gejala pertama yang biasanya lo liat kalo si kecil lagi kena diare adalah Frekuensi Buang Air Besar yang Meningkat. Ini artinya, si anak bakal sering banget ke kamar mandi atau popoknya jadi lebih sering basah. Biasanya, ini jadi tanda-tanda awal kalau ada yang nggak beres di perutnya.

  • Perubahan Konsistensi Tinja

Selain itu, lo juga bisa notice kalau konsistensi tinja si kecil berubah drastis. Biasanya, kalo si anak sehat, tinjanya kaya krim batu, gitu, kan? Nah, kalo lagi kena diare, Perubahan Konsistensi Tinja bisa jadi kayak air, encer banget, sampe bikin si kecil rewel kalo digantiin popok.

  • Warna Tinja yang Berubah

Ini juga salah satu hal yang harus lo amati. Biasanya, tinja anak-anak itu warnanya kaya coklat tua, gitu, kan? Nah, kalo lagi diare, Warna Tinja yang Berubah bisa jadi lebih terang atau bahkan berwarna hijau, tergantung dari apa yang mereka makan atau minum.

Baca Juga :   Alergi Udang Ketika Kambuh, Begini Cara Mengobati
  • Nausea dan Muntah

Bukan cuma diare aja yang bikin mereka nggak enak, Mom. Nausea dan Muntah juga seringkali nemenin. Jadi, kalo si kecil lo muntah-muntah setelah makan atau minum, bisa jadi ini juga tanda-tanda dari gejala diare yang mereka alami.

  • Kram Perut atau Sakit Perut

Ini juga bisa jadi tanda-tanda kalau si kecil lo lagi diare. Mereka bisa aja Kram Perut atau Sakit Perut, yang bikin mereka merasa nggak nyaman dan rewel.

  • Demam

Waduh, ini yang bikin ortu seringkali panik. Kalo anak demam, kan, biasanya ortu langsung heboh. Nah, tapi jangan langsung stress, ya! Karena Demam juga bisa jadi gejala dari diare. Biasanya, demamnya nggak terlalu tinggi, tapi tetep aja, harus diawasin.

Baca Juga : Sеdеrеt Fungѕі Vіtаmіn B untuk Kecantikan

  • Dehidrasi

Nah, ini dia yang paling bahaya! Dehidrasi bisa terjadi kalo si kecil kehilangan banyak cairan karena diare. Jadi, pastiin banget si kecil minum banyak air atau larutan elektrolit biar tubuhnya tetep terhidrasi dengan baik.

  • Hilangnya Nafsu Makan

Kalo biasanya si kecil lo jago banget makan, tapi tiba-tiba Hilangnya Nafsu Makan, bisa jadi ini juga gejala dari diare. Mereka jadi nggak tertarik sama makanan, dan kadang suka menolak makanan yang biasanya disuka.

  • Lemah atau Lemas
Baca Juga :   Bengkak di Belakang Telinga: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Nah, ini juga bisa jadi tanda-tanda kalau si kecil lo lagi diare. Mereka bisa jadi Lemah atau Lemas, nggak semangat kayak biasanya, dan sering kali cuma mau rebahan aja.

  • Gangguan Perilaku atau Iritabilitas

Terakhir nih, yang sering kali ortu bingung liatnya. Kalo si kecil tiba-tiba jadi Gangguan Perilaku atau Iritabilitas, bisa jadi ini juga gejala dari diare. Mereka jadi agak cranky atau moodnya berubah-ubah.

Cara Mengatasi Diare pada Anak

Cara pertama, yang paling penting banget, adalah pastiin anak lu terhidrasi dengan baik. Diare bisa bikin cairan tubuh jebol kayak bom, jadi pastiin si kecil minum banyak air.

  1. Pemberian Cairan yang Cukup

Cairan itu kunci, Mom! Gak cuma air putih, tapi juga bisa kasih minuman elektrolit buat ngebantu keseimbangan garam dalam tubuh.

  1. Perhatikan Asupan Makana

Nah, ini juga penting. Lu harus perhatiin banget makanan yang dikasih ke anak. Gak mau kan diare tambah parah gara-gara makanan yang gak cocok?

  1. Berikan Makanan yang Mudah Dicerna

Lu juga bisa kasih makanan yang lebih ringan dan mudah dicerna sama perut anak. Jangan kasih makanan berat yang bikin perut makin ribut.

  1. Jaga Kebersihan Anak

Pastiin kebersihan anak selalu dijaga dengan baik. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan juga setelah ke toilet.

  1. Konsultasikan dengan Dokter
Baca Juga :   Beberapa Gejala Penyakit Ginjal

Kalo diare anak lu parah banget atau gak kunjung membaik, jangan ragu buat konsultasi sama dokter, Mom. Mereka yang paling paham soal ini.

  1. Berikan Obat Antidiare (bila diresepkan)

Kalo dokter nyaranin kasih obat antidiare, pastiin lu kasih sesuai dosis dan aturan yang udah dikasih. Jangan asal kasih, Mom!

  1. Besar Kemungkinan Dehidrasi

Lu juga harus pinter-pinter baca tanda-tanda dehidrasi pada anak, kayak mulut kering, mata cekung, atau kurang kencing.

  1. Pantau Frekuensi dan Konsistensi Kotoran

Jangan lupa juga buat pantau frekuensi dan konsistensi kotoran anak. Kalo ada perubahan yang mencurigakan, langsung aja konsultasi sama dokter.

  1. Biarin Si Anak Istirahat

Terakhir, jangan lupa kasih si kecil istirahat yang cukup. Badan yang lelah bisa bikin penyakit makin ngotot nangkring.

Jadi gitu ya Mom Dad! Itulah beberapa gejala diare pada anak yang perlu lo kenali. Ingat, kalo lo liat gejala-gejala ini pada si kecil, jangan langsung panik, tapi tetep, ya, perhatiin dan cek ke dokter kalo perlu. Biar si kecil bisa cepet sembuh dan balik main lagi!

Leave a Comment