Penyebab Amandel Bernanah Kepoin Ga Sih!?

JAKARTASUMBER.COM – Yo, guys, lu lagi ketemu sama masalah amandel yang bikin meriang? Gue bakal kasih tau nih, penyebab amandel yang bikin ngeri, terutama yang bikin amandel bernanah! Cari tahu bener penyebab amandel bernanah disini!

Check it out, guys! Ada yang lagi kepoin nih tentang masalah amandel yang bikin gregetan, kan? Nah, lu tau ga, gue punya cerita seru nih tentang seorang temen gue yang dulu suka banget nyantai di kafe. 

pengobatan amandel

Nah, dia tuh selalu komplain tentang sakit tenggorokan yang ga pernah ilang. Ternyata, setelah diperiksa, dokter bilang kalo amandelnya lagi bikin onar, bernanah gitu loh! Mantap kan? Nah, dari kasus dia ini, gue jadi kepikiran buat bahas tentang penyebab amandel bernanah yang bikin kepoin. So, are you ready to dig in, guys? Let’s go!

  1. Infeksi Bakteri

Nah, yang pertama nih, penyebab amandel bernanah adalah infeksi bakteri. Yap, lo bener denger, itu ada bakteri jahat yang ngegas di amandel lu. Ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang bikin lu mewek, kayak Streptococcus pyogenes alias bakteri streptokokus grup A. 

Baca Juga : Gejala Diare pada Anak, Kenali & Jangan Cemas!

Mereka suka banget nongkrong di tenggorokan, bikin amandel jadi bengkak dan berubah jadi tempat yang nyaman buat bakteri itu nongkrong.

  1. Infeksi Virus
Baca Juga :   8 Jenis Olahraga Untuk Kesehatan Jantung Dan Paru-Paru

Nah, ga cuma bakteri aja yang bisa jadi sumber petaka, virus pun bisa jadi penyebab amandel bernanah. Lu pernah denger virus Epstein-Barr? Nah, itu salah satu dari beberapa virus yang bisa bikin amandel jadi kacau balau. 

Virus-virus ini masuk ke tubuh, bikin sistem kekebalan tubuh lu mikir kalo mereka itu temen, padahal beneran, mereka musuh bebuyutan.

  1. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Ini nih, kalo lo punya sistem kekebalan tubuh yang lemah, amandel lo bisa jadi sasaran empuk buat para bakteri dan virus. 

Nah, ini bisa jadi karena lo kurang tidur, makan yang ga sehat, atau stress yang mengganggu banget. Jadi, jaga kesehatan tubuh lu ya, biar amandel pun ga gampang kecolongan.

  1. Paparan Terhadap Bakteri atau Virus

Kalo lo sering banget bergaul sama temen yang lagi kena batuk atau pilek, bisa aja lo kena serangan langsung dari bakteri atau virus yang ada di sekitar lu. Ini kayak nularin racun, guys. Jadi, kalo lu ketemu temen yang lagi ga fit, mending jaga jarak biar lo ga kena dampaknya.

  1. Reaksi Alergi

Alergi bisa jadi salah satu penyebab amandel yang bikin kepo. Kadang, tubuh lo ga suka sama beberapa benda, misalnya, debu, bulu binatang, atau serbuk sari. Nah, pas lo kena benda itu, tubuh lu bisa ngeluarin respons yang ga banget, termasuk bikin amandel jadi kacau.

  1. Adanya Batu Amandel
Baca Juga :   7 Jenis Perawatan Gigi yang Bikin Cantik

Buat yang ga tau, amandel itu bisa ngehasilin batu kecil yang biasa disebut dengan tonsil stones atau batu amandel. Nah, ini bisa jadi tempat favorit buat kuman-kuman ngumpul. Jadi, kalo lu ada masalah sama batu amandel, bisa jadi itu bikin amandel lo jadi bernanah.

  1. Lingkungan yang Tidak Sehat

Lingkungan yang kotor dan ga higienis juga bisa jadi penyebab amandel bernanah, guys. Kalo lo sering banget main di tempat yang kotor atau polusi udaranya keterlaluan, amandel lo bisa jadi tempat yang nyaman buat bakteri dan virus buat berkembang biak.

  1. Kondisi Gigi yang Buruk

Gigi yang bermasalah juga bisa jadi salah satu penyebab amandel yang bikin ngiler, guys. Misalnya, kalo lo punya gigi berlubang atau gigi yang ga sehat, bakteri dari situ bisa ngejerat amandel dan bikin mereka jadi bengkak dan bernanah.

  1. Tidak Menjalani Perawatan yang Tepat 

Kalo lo pernah kena infeksi amandel tapi ga diobati dengan baik, bisa jadi itu bakal kembali lagi, bahkan makin parah. Jadi, pastiin deh kalo lo udah kena masalah amandel, lu ke dokter buat dapetin perawatan yang tepat.

  1. Paparan Asap Rokok atau Polusi Udara

Terakhir, nih, paparan asap rokok atau polusi udara juga bisa bikin amandel lo bermasalah, guys. Jadi, kalo lu lagi di area yang banyak asap rokok atau polusi udara, mendingan lu jaga kesehatan amandel lo, biar ga kena imbasnya.

Baca Juga :   Mаnfааt Vіrgіn Coconut Oіl untuk Kecantikan dаn Kеѕеhаtаn

Akhir Kata!

Jadi, gue udah ngebahas banyak hal tentang penyebab amandel yang bikin lu kepoin, kan? Nah, dari penjelasan tadi, lo bisa liat bahwa amandel yang bernanah itu bisa jadi karena berbagai faktor, mulai dari infeksi bakteri dan virus, kondisi tubuh yang lemah, sampai lingkungan yang ga bersih. Jadi, penting banget buat lo jaga kesehatan tubuh dan lingkungan sekitar biar amandel lo tetep sehat dan ga bikin masalah. 

Nah, itu dia beberapa penyebab amandel yang bikin ngeri, terutama yang bikin amandel bernanah. Jadi, jaga kesehatan tubuh dan lingkungan sekitar, ya, biar amandel lo tetep tenang dan ga kena serangan dari musuh-musuh yang ngumpet di sekitar lu. Semangat, guys!

Leave a Comment