Rekomendasi Obat Sakit Pinggang Tradisional

Sakit pinggang adalah penyakit yang banyak ditemukan. Tapi jangan khawatir, masih ada obat sakit pinggang tradisional sebelum kamu memilih untuk pergi ke dokter.

Umumnya, sakit pinggang muncul pada orang yang berusia lebih dari 30 tahun. Hal itu dikarenakan perubahan yang muncul dalam tubuh lantaran proses penuaan. Ketika usiamu bertambah, maka ada pengurangan didalam isi cairan diantara tulang belakang. Tapi, kebanyakan sakit pinggang yang muncul dikarenakan hasil cedera, misalnya otot keseleo serta ketegangan karena gerakan mendadak.

Obat Sakit Pinggang Tradisional

Seperti dilansir Spine Health, ada rekomendasi obat alami sakit pinggang yang dapat kamu gunakan dan juga dapat menjaga kesehatan menyeluruh. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kunyit

Kunyit adalah salah satu bahan alami obat sakit pinggang yang mudah ditemukan. Bahan dapur ini sama ampuhnya dengan obat ibuprofen yang berguna untuk meredakan nyeri. Bahkan, kunyit pernah dipakai untuk mengobati osteoartritis lutut dan diminum sampai 4 minggu.

Cara menggunakannya ialah memasukkan kunyit ke makanan, dimasukkan ke kari atau dapat dibuat jus, misalnya smoothie.

  • Kompres Air Dingin

Cara ini sudah banyak yang melakukannya, khususnya bagi para olahragawan. Kamu dapat mengompres pakai air dingin selema 3 hari sampai rada nyeri mereda. Jangan sampai menggunakan es secara langsung ke kulit. Setidaknya, bungkus es lebih dulu menggunakan kantong es atau handuk agar es tak bersentuhan dengan kulit secara langsung.

Nah, selepas mengompres air dingin, kamu dapat melanjutkannya dengan mengompres air hangat. Fungsi kompres air hangat berfungsi melemaskan otot, melancarkan peredaran darah, dan mengurangi peradangan.

  • Jahe

Obat sakit pinggang tradisional berikutnya dalah jahe. Bahan ini memang dikenal cukup efektif untuk mencegah berbagai penyakit. Salah satunya ialah mencegah nyeri otot dan nyeri pinggang.

Selain itu, jahe dipercaya bisa mempercepat penyembuhan sekaligus mengurangi peradangan. Cara penggunaannya ialah memasukkan jahe ke makanan atau bisa juga dicampurkan ke dalam teh panas.

  • Feverfew

Feverfew merupakan jenis tumbuhan semak dari familly Asteraceae. Bunga yang satu ini mempunyai bentuk yang miripp dengan bunga daisy dengan aroma jeruk nipis. Feverfew terkenal menjadi tanaman alami guna mengobati sakit kepala, sakit perut, sakit gigi, rheumatoid arthritis, dan demam.

Tumbuhan ini memiliki senyawa yang sanggup mengurangi kejang otot dan peradangan. Tetapi, untuk memakai bunga ini hanya memperhatikan efek sampingnya saja seperti muntah dan mual.

Baca Juga :  Cara Mengobati Alergi Udang Ketika Kambuh

  • Rajin Berolahraga

Walaupun terkadang merasakan nyeri pinggang, namun kamu dianjurkan tetap melakukan aktivitas sehari-hari. Olahraga bisa jadi salah satu obat sakit pinggang tradisional yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Disarankan untuk tidak langsung bergerak secara aktif maupun melakukan aktivitas berat. Kamu perlu memulainya secara perlahan, seperti jogging atau berenang.

Setelah nyeri berkurang, cobalah untuk melakukan latihan aerobik, misalnya jalan santi, bersepeda, atau berenang. Dengan rutin berolahraga dan dilakukan secara teratur, maka rasa sakit pada pinggang bisa diminimalisir guna menghilangkan kekakuan muncul kembali.

  • Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan ternyata juga dapat menjadi obat pereda nyeri pinggang. Semakin berat badanmu berat, maka pinggang akan memiliki kinerja lebih besar guna menyokong berat tubuh.

Menjaga berat tak hanya bisa menjagakesehatan, namun juga menjadi obat saking pinggang cukup ampuh. Pasalnya, kelebihan berat bisa membuat tekanan pada pinggang lebih besar serta menjadi faktor sakit pinggang.

tips kesehatan, Itulah tadi beberapa obat sakit pinggang tradisional yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Walau demikian, agar bisa menghindari efek samping berlebih kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter lebih dulu ataupun tenaga medis lain. Selamat mencoba!

Leave a Comment