5 Makanan Khas Lebaran

5 Makanan Khas Lebaran Ketupat merupakan makanan khas lebaran dari beras yang umum dihidangkan saat hari raya. Makanan ini cukup unik karena dibungkus menggunakan daun kelapa atau biasa disebut dengan janur. Menu ini biasa dihidangkan menggunakan sopor ayam maupun kari ayam.

Namun makanan lebaran yang berasal dari beras tidak hanya ketupat saja loh. Apa saja makanan dari beras yang biasa disediakan saat lebaran?

5 Makanan Khas Lebaran Inspirasi Makanan Khas Lebaran dari Beras

Perayaan lebaran di Indonesia selalu meriah. Bukan hanya suasananya, namun juga kulinernya yang sangat beragam. Mulai dari kue kering, hingga makanan berat tersedia untuk tamu yang berkunjung. Salah satu hidangan khas lebaran adalah ketupat sayur.

Ketupat atau lontong sayur memang umum dihidangkan saat lebaran. Namun makanan khas lebaran dari beras bukan hanya sebatas lontong maupun ketupat saja. Masih ada beberapa hidangan lain yang terbuat dari beras maupun beras ketan. 

Baca Juga : Obat Sakit Perut Melilit dan Mencret

Jika kamu ingin hidangan dari beras lainnya, berikut inspirasinya untuk kamu.

  1. Lemper

Lemper adalah salah satu kudapan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari beras ketan. Beras ketan ini dikukus lalu dikepalkan dan diberi isian ayam suwir maupun abon. Lemper memiliki cita rasa gurih dan juga legit khas ketan.

Baca Juga :   Dаftаr Tеmраt Wіѕаtа Kulіnеr Jаkаrtа уаng Enаk

Rasa abon yang gurih manis juga sangat cocok dipadukan dengan beras ketannya. Biasanya lemper dibungkus menggunakan daun pisang untuk menambah aroma agar lebih nikmat. Hidangan ini biasanya disajikan saat ada acara seperti kenduri atau bisa juga saat lebaran.

  1. Jadah

Jadah merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan dan juga parutan kelapa yang ditumbuk menjadi satu. beras ketan sebelumnya dikukus terlebih dahulu hingga matang, lalu dicampur dengan kelapa dan sedikit garam agar menghasilkan rasa yang gurih dan legit.

Jadah biasanya disajikan sebagai makanan pendamping kopi ataupun the. Di Jawa, jadah biasa dikonsumsi dengan cara dibakar lalu dicocol dengan gula pasir. Rasa gurih jadah dan juga manis gula berpadu dengan sempurna.

  1. Lemang

Lemang adalah salah satu hidangan khas etnis Melayu yang biasa dihidangkan saat acara-acara maupun hari lebaran. Lemang adalah makanan yang cukup sering dikonsumsi oleh etnis Melayu. 

Mirip dengan lontong, lemang juga merupakan olahan beras yang dikukus memanjang. Bedanya lemang dikukus menggunakan bambu. Perbedaan lain dari lontong dan juga lemang adalah lemang biasanya sudah dicampur dengan santan dan beberapa bumbu sehingga menghasilkan rasa yang lebih gurih. 

  1. Wajik

Wajik adalah kudapan khas Jawa yang terbuat dari beras. Kali ini beras diolah menjadi sebuah kudapan dan bukannya makanan pokok. Biasanya wajik digunakan sebagai oleh-oleh atau hantaran untuk acara pernikahan.

Baca Juga :   Inilah Beberapa Tempat Makan Viral Terdekat

Wajik terbuat dari beras yang dikukus lalu dicampur menggunakan gula merah. Rasa makanan ini cenderung manis dan juga gurih karena campuran santan kelapanya. Wajik mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah ataupun Jawa Timur.

  1. Burasa

Makassar juga memiliki hidangan khas lebaran yang terbuat dari beras. Hidangan ini disebut den gan burasa. Burasa mirip dengan ketupat, hanya saja burasa berukuran lebih besar, lebih padat dan juga sudah dibumbui.

Biasanya burasa dihidangkan dengan Coto Makassar maupun Opor Ayam. Cita rasa burasa yang sudah dicampur dengan sayur yakni gurih dan segar dari Coto. 

Itu dia beberapa hidangan khas lebaran yang terbuat dari beras. Apabila kamu bosan dengan sajian lontong atau ketupat sayur, kamu bisa mencoba memasak salah satu dari beberapa makanan diatas untuk dihidangkan.

Leave a Comment