Jakarta Sumber berita metropolitan

Berita kota jakarta masa kini

Obat Sakit Perut Melilit dan Mencret
kesehatan

Obat Sakit Perut Melilit dan Mencret

Obat Sakit Perut Melilit dan Mencret Sakit perut merupakan gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh siapapun. Supaya gejala tersebut bisa hilang dengan cepat, kamu harus selau menyiapkan obat pereda nyeri perut. Salah satu penyebab kenapa perut bisa sakit adalah terlalu banyak mengkonsumsi makan-makanan pedas sehingga akhirnya mencret. Berikut adalah beberapa obat sakit perut melilit dan mencret yang harus diketahui.

Walaupun tergolong sakit ringan, namun sensasi nyeri di perut itu bisa mengakibatkan perasaan kurang nyaman hingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Kalau sudah begitu, alangkah baiknya mencari obat pereda nyeri yang cukup ampuh. Simak ulasan berikut sampai habis!

Obat Sakit Perut Melilit dan Mencret

Dalam kebanyakan kasus, mencret bisa sembuh sendirinya dalam kurun waktu beberapa hari saja. Akan tetapi, pemakaian obat pereda nyeri perut dapat menjadi opsi agar bisa meringankan keluhan mencret dan mengatasi gejala komplikasi yang dapat muncul seperti halnya dehidrasi.

Tidak perlu berlama-lama lagi, di bawah ini sudah kami rangkum sejumlah obat mencret yang bisa kamu konsumsi.

  1. Probiotik

Salah satu alasan kenapa perut melilit kemudian mencret ialah ketidakseimbangan bakteri yang berada dalam usus. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan infeksi di saluran pencernaan. Nah, mengkonsumsi obat probiotik ternyata bisa mengatasi mencret dengan mengembalikan keseimbangan bakteri baik dalam usus.

Baca Juga :   Mаnfааt Vіrgіn Coconut Oіl untuk Kecantikan dаn Kеѕеhаtаn

Obat sakit perut melilit dan mencret satu ini dapat kamu peroleh dengan cara mengkonsumsi makanan serta minuman yang didalamnya terkandung prebiotik dan probiotik, seperti tempe, yogurt, serta kimchi. Tidak hanya itu, obat ini juga bisa ditemukan dengan jenis suplemen ataupun minuman probiotik.

  1. Cairan Rehidrasi Oral

Ketika diare atau mencret, cairan tubuh seseorang bakal turun drastis lalu beresiko terkena dehidrasi. Agar bisa mencegah dehidrasi, disarankan mengkonsumsi rehidrasi oral berbentuk liquid atau cairan, seperti oralit atau minuman elektrolit, tiap kali muntah atau buang air besar.

Obat sakit mencret satu ini berguna supaya bisa mengembalikan cairan tubuh dan juga mencukupi jumlah elektrolit yang berada di dalam tubuh.

  1. Antibiotik

Salah satu obat sakit perut melilit dan mencret selanjutnya adalah antibiotik. Nah, obat ini umumnya dipakai untuk dapat meredakan mencret yang dikarenakan infeksi bakteri. Antibiotik ini tak bisa mencegah diare yang dikarenakan infeksi virus, seperti gastroenteritis. Pemakaian obat antibiotik untuk obat pereda nyeri mencret juga harus disesuaikan dengan resep dokter.

  1. Antidiare

Obat antidiare yang bisa dipakai saat perut nyeri sekaligus mencret ialah pektrin, kaolin, dan karbon aktif. Obat yang bisa ditemukan di apotek tersebut memiliki kinerja mengeluarkan bakteri dan racun yang menyebabkan diare kemudian memadatkan feses.

Baca Juga :   8 Jenis Olahraga Untuk Kesehatan Jantung Dan Paru-Paru

Lalu untuk mencret yang tergolong parah, mungkin seseorang harus memakai antidiare bismuth subsalicylate atau loperamide. Loperamide memiliki kinerja memperlambat pergerakan usus sehingga BAB bisa berkurang.

Sedangkan bismuth subsalicylate mampu mencegah peradangan serta melindungi usus dari bakteri yang mengakibatkan diare. Tapi, kedua obat sakit perut melilit dan mencret di atas hanya dapat dipakai sesuai resep dokter.

Baca Juga : 4 Cаrа Menggunakan Mіnуаk Kеlара untuk Kecantikan

Cara Lain Mencegah Sakit Perut

Selain beberapa obat tadi, tips mencegah nyeri perut dengan cepat bisa mengikuti sederet langkah berikut.

  1. Konsumsi Minuman Herbal

Kamu dapat mengkonsumsi ramuan herbal seperti peppermint, teh chamomile, jahe, akar kunyit, atau kayu manis. Minum dua cangkir cairan yang memiliki ramuan tadi dapat mengurangi nyeri perut.

  1. Terapi Panas

Menggunakan bantal pemanas, handuk panas, botol air panas, ataupun pembungkus panas ke atas perut dapat menjadi salah satu langkah ampuh agar bisa meredakan nyeri perut. Suhu panas akan mengendurkan otot pada perut. Hasilnya, sakit dan kram perut bisa mereda. Kemudian berendam dan mandi dengan air panas bisa juga menjadi cara lain.

  1. Makan-makanan Bergizi

Selain obat-obatan, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang punya sifat anti-inflamasi, seperti tomat, ikan, sayuran, kacang-kacangan, almond, ceri, hingga blueberi. Hindarilah mengkonsmsi makanan manis ketika kamu tengah mengalami sakit perut.

  1. Hindari Makan Terlalu Banyak
Baca Juga :   4 Olahraga Rutin yang Cocok untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Makanan secara berlebih bisa mengakibatkan perut menjadi mengembang dan kemudian mendorong beberapa organ di dalam perut. Hasilnya, sensasi kurang nyaman akan dirasakan.

Hal ini bakal memaksa usus membuat asam klorida secara berlebih yang akan masuk kedalam perut sehingga menimbulkan sakit. Lebih baik batasi makanan agar bisa mencegah sakit perut.

  1. Cukup Istirahat

Masalah pencernaan disebut-sebut berkaitan secara langsung dengan waktu tidur yang dirasa kurang. Faktanya adalah, seseorang yang memiliki tidur malam nyenyak dan cukup akan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh serta bisa membantu untuk mencegah sakit perut yang dialami.

Kini kamu sudah tahu beberapa obat sakit perut melilit dan mencret yang bisa kamu gunakan agar bisa mencegah diare. Pastikan bahwa kamu selalu memakai obat-obatan tadi sesuai petunjuk di kemasan ataupun sesuai rekomendasi dari dokter. Jika diare belum kunjung sembuh selepas memakai obat tadi, dan disertai gejala seperti BAB berdarah, demam, atau dehidrasi, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar memperoleh proses penanganan yang lebih tepat.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *