Jakarta Sumber berita metropolitan

Berita kota jakarta masa kini

Selangkangan Berjamur Tanda Penyakit Serius?
kesehatan

Selangkangan Berjamur Tanda Penyakit Serius?

Selangkangan merupakan salah satu bagian tubuh yang sering mengalami kelembapan. Pada area selangkangan biasanya ukuran ph nya berbeda daripada bagian tubuh yang lain. Hal ini menyebabkan area selangkangan sangat sensitive. Pada beberapa kasus justru ditemukan bahwa terdapat selangkangan berjamur. Apa saja penyebab dan cara menanganinya?

Penyebab Selangkangan Berjamur

Menjaga area selangkangan agar tetap bersih sangat penting untuk kesehatan alat kelamin kita. Selangkangan merupakan area tubuh yang paling mudah lembap dan juga sensitive. Perlu perhatian yang baik, agar alat kelamin tidak tertular atau terkena penyakit serius. 

Baca Juga : Rekomendasi Produk Untuk Mengencangkan Kulit Wajah Terjangkau

Membahas tentang selangkangan berjamur, hal ini bisa menandakan bahwa alat kelamin yang timbul jamur, biasanya terkena penyakit serius. Apa saja penyebab dari selangkangan berjamur?

  1. Kelembapan berlebih

Kulit pada area selangkangan memang terkenal sensitive karena memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk menjaga area selangkangan agar tetap kering. Selangkangan yang lembap dan bercampur dengan keringat akan memudahkan bakteri jahat tumbuh secara subur. Hal inilah yang bisa menyebabkan timbulnya jamur di area selangkangan. 

  1. Toilet yang kotor

Pernah buang air di toilet umum? Pastikan kamu selalu mengelap dudukan closet menggunakan tisu berkali-kali untuk menjaga kebersihannya. Kuman yang berukuran mikroskopis biasanya dapat menyebabkan jamur pada selangkangan. Kita tidak pernah tahu siapa saja yang pernah menduduki toilet umum tersebut. Bisa saja orang sebelum kita mengalami jamuran pada area selangkangan, hal ini juga bisa menjadi pemicu penularan penyakit.

  1. Seks bebas
Baca Juga :   Cara Mengobati Asam Lambung Naik ke Dada Secara Alami

Seks bebas sudah sejak lama di sosialisasikan sebagai tindakan yang sangat berbahaya. Apalagi jika yang melakukannya masih anak di bawah umur. Perlu diperhatikan apabila kamu salah seorang yang memiliki aktivitas seksual yang aktif, tetaplah gunakan pengaman berupa kondom untuk berjaga agar tidak tertular penyakit kelamin.

Timbulnya jamur yang kemerahan dan menyebabkan gatal, bisa dianggap salah satu gejala terkena penyakit kelamin yang serius.

  1. Bertukar baju

Bertukar baju dengan sahabat atau saudara biasanya sering terjadi. Namun hal yang perlu diingat bahwa, bertukar baju juga bisa membuat kita tertular penyakit dari partner tikar baju kita. Selain itu sebaiknya hindari saling pinjam atau tukar baju dalam ke teman-teman dekat kalian.

Gejala Awal

Sebelum membahas lebih jauh tentang pengobatan selangkangan berjamur, kita bahas dahulu bagaimana tanda-tanda selangkangan kita ditumbuhi jamur.

Terasa gatal pada bagian area selangkangan diikuti dengan ruam merah 

Kulit mengalami pengelupasan atau permukaan kulit terlihat pecah-pecah

Infeksi semakin melebar bahkan hingga buah zakar apabila menyerang laki-laki

Bisa juga kulit menyerupai sisik yang sangat kering sehingga timbul rasa gatal

Pada kondisi yang lebih parah, biasanya jamur akar berkembang menjadi nanah dan berisi air. Di kasus lain, tedapat juga area infeksi semakin melebar dan berbentuk seperti kurap hingga keluar paha. Jika tidak segera ditangani, kemungkinan infeksi bisa menyerang hingga vagina, penis dan juga anus.

Baca Juga :   Beberapa Gejala Penyakit Ginjal

Pada wanita, timbulnya jamur biasanya diawali dengan perasaan gatal dan perih. Setelah itu akan timbul keputihan yang tidak wajar. Biasanya berwarna sedikit hijau dan berbau. Jika kamu pernah mengalaminya jangan lupa segera memeriksakannya ke dokter.

Cara Mencegah Selangkangan Berjamur

Setelah membahas bagimana jamur pada selangkang, kini saatnya kamu mempelajari bagaimana cara untuk mencegah selangkangan yang terkena jamur.

  • Bersihkan area selangkangan yang infeksi menggunakan air hangat. Gunakan juga sabun yang non alkohon agar tidak menambah infeksi
  • Keringkan area selangkangan dengan handuk khusus
  • Oleskan krim atau salep anti jamur. Jangan khawatir, kamu bisa membelinya di apotek yang dekat dari rumah kamu
  • Tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Penggunaan celana ketat mempermudah bakteri berkembang karena semakin merasa lembap
  • Tidak bergantian atau bertukar barang sehari-hari 

Apabila kamu mengelmi gatal yang luar biasa, vagina muncul aroma tidak sedap, segera priksakan ke dokter spesialis kelamin. Selain itu jika sudah mengalami rasa yang snagat mengganggu bahkan perih, inilah saatnya kamu mencoba sepatu sandal yang baru saja aku beli.

Cara Mengobati Selangkangan Berjamur

Pengobatan untuk selangkangan yang mengalami jamur cukup segaram. Apabila dihitung sebagai jamur yang ringan dan juga iritasi tidak menyebar, anda bisa melakukan kiat-kiat yang sudah saya bahas di atas. Kamu bisa menggunakan salep atau gel yang menyejukkan agar tidak gatal. 

Baca Juga :   Rekomendasi Obat Sakit Pinggang Tradisional

Jamur pada selangkangan yang lebih parah bisa menyebabkan rasa gatal seperti terbakar pada area kelamin. Tidak jarang juga menimbulkan infeksi yang cukup serius. Kamu harus membawanya ke dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan dengan segera.

Orang-orang yang memiliki kemungkinan menderita selangkangan berjamur adalah, orang-orang yang menderita diabetes, obesitas, memiliki aktivitas seksual aktif, sering berkeringat, atau bahkan karena cuaca di iklim tropis.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *